Informasi tentang SMKN 1 Liwa Pemasaran/ BDP

Wednesday 10 October 2018

STRUKTUR K.2013 REVISI 2017 BISNIS DARING DAN PEMASARAN

Wednesday, October 10, 2018 Posted by Malhen No comments



Struktur kurikulum 2013 smk pemasaran BDP
STRUKTUR KURIKULUM 2013 REVISI 2017
TP.2018/2019


Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
7.1. Program Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
7.1.1. Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran (3 Tahun)


MATA PELAJARAN
ALOKASI
WAKTU
A. Muatan Nasional
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
318
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
212
Bahasa Indonesia
320
Matematika
424
Sejarah Indonesia
108
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)
352
Jumlah A
1.734
B. Muatan Kewilayahan
Seni Budaya
108
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
144
Jumlah B
252
C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
Simulasi dan Komunikasi Digital
108
Ekonomi Bisnis
72
Administrasi Umum
72
IPA
72
C2. Dasar Program Keahlian
Marketing
144
Perencanaan Bisnis
144
Komunikasi Bisnis
180
C3. Kompetensi Keahlian
Penataan Produk
348
Bisnis Online
490
Pengelolaan Bisnis Ritel
420
Administrasi Transaksi
456
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
524
Jumlah C
3.030
Total
5.016








Friday 5 October 2018

KOMPETENSI DASAR EKONOMI BISNIS

Friday, October 05, 2018 Posted by Malhen No comments

Mata Pelajaran : Ekonomi Bisnis

Jam Pelajaran : 72 JP (@ 45 Menit)




KD EKONOMI BISNIS BISNIS DARING DAN PEMASARAN
EKONOMI BISNIS



KOMPETENSI DASAR 3 KOMPETENSI DASAR 4
3.1 Mengevaluasi masalah–masalah
ekonomi
4.1 Menyajikan solusi terhadap
masalah ekonomi
dilingkungannya
3.2 Menganalisis kelangkaan
(hubungan antara sumber daya
dengan kebutuhan manusia)
4.2 Merumuskan masalah
kelangkaan sumberdaya dan
kebutuhan manusia
dilingkungannya
3.3 Memahami Model, pelaku
ekonomi, perilaku konsumen dan
produsen dalam kegiatan
ekonomi
4.3 Menentukan model, pelaku
ekonomi, perilaku
konsumen dan produsen
yang sesuai tuntutan
perkembangan usaha
3.4 Memahami hukum permintaan,
penawaran, konsep elastisitas
dan harga keseimbangan pasar
4.4 Menentukan tingkat
elastisitas permintaan,
penawaran, dan harga
keseimbangan pasar suatu
produk
3.5 Menerapkan langkah-langkah
perhitungan biaya produksi dan
keuntungan (teori biaya)
4.5 Menghitung biaya produksi,
dan keuntungan dalam
kegiatan usaha
3.6 Mendeskripsikan pasar
monopoli, monopolistik dan
oligopoly
4.6 Menentukan ciri-ciri pasar
monopoli, monopolistik dan
oligopoly
3.7 Menganalisis bentuk-bentuk
badan usaha
4.7 Memilih bentuk-badan
usaha yang sesuai dengan
sistem ekonomi nasional
3.8 Menerapkan rencana usaha kecil
dan menengah
4.8 Membuat rancangan usaha
kecil/menengah sesuai
potensi lingkungannya
3.9 Memahami Lembaga Keuangan 4.9 Mengklasifikasikan berbagai
lembaga keuangan milik
pemerintah dan swasta
sesuai perkembangannya
3.10 Menganalisis hak dan kewajiban
tenaga kerja berdasarkan
undang-undang ketenagakerjaan.
4.10 Merumuskan hak dan
kewajiban tenaga kerja di
lingkungan kerja.
3.11 Menerapkan prosedur
kelengkapan dokumen
perdagangan dalam dan luar
negeri
4.11 Membuat kelengkapan
dokumen yang diperlukan
dalam lalulintas
perdagangan dalam dan luar
negeri
3.12 Menerapkan ilmu ekonomi dalam
kegiatan usaha
4.12 Menggunakan konsep ilmu
ekonomi dalam kegiatan
usaha


Friday 1 December 2017

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2017

Friday, December 01, 2017 Posted by Malhen No comments
siswa smkn 1 liwa
Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2017
Masjid Rabbani SMKN 1 Liwa
Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2017
Masjid Rabbani SMKN 1 Liwa
Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2017
Masjid Rabbani SMKN 1 Liwa

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2017
Masjid Rabbani SMKN 1 Liwa

Thursday 10 November 2016

HUJAN

Thursday, November 10, 2016 Posted by Malhen No comments
Hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi. Di Bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Dua proses yang mungkin terjadi bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan, yaitu pendinginan udara atau penambahan uap air ke udara. Virga adalah presipitasi yang jatuh ke Bumi namun menguap sebelum mencapai daratan; inilah satu cara penjenuhan udara. Presipitasi terbentuk melalui tabrakan antara butir air atau kristal es dengan awan. Butir hujan memiliki ukuran yang beragam mulai dari pepat, mirip panekuk (butir besar), hingga bola kecil (butir kecil) 
(wikipedia)

Nah... bicara tentang hujan tak akan pernah selesai, dimulai dari kereligiusan, romantisme, nostalgia, kesedihan dan lain-lain. Setiap orang punya cerita tersendiri tentang hujan.
Bulan november memang identik dengan hujan, seperti lagu "November Rain" nya Guns N'Roses
yang sebagian liriknya :

"If we could take the time
to lay it on the line
I could rest my head
Just knowin' that you were mine
All mine
So if you want to love me
then darlin' don't refrain
Or I'll just end up walkin'
In the cold November rain"

_ _ _ __ _ _ __ _ _ __ _ _ __ _ _ _
"Sometimes I need some time...on my
own
Sometimes I need some time...all alone
Everybody needs some time...
on their own
Don't you know you need some time...all alone"
 
Lagu ini tidak asing bagi yang suka maen pS tentunya, 
Berhubung lagi musim hujan, di SMKN 1 liwa lapangan agak becek karena masih proses pembangunan, banyak siswa dan guru yang "tegambui" gk bisa pulang kerumah masing-masing, ehm kemarin rabu 9 november 2016 tegambui bersama pak seperiadi n pak yopi sugara hehe... mestinya bawa payung dan jalan kaki biar aman, atau pake mantel jalan kaki, atau pake mantel naek angkot.



Hari ini hujan luot,Tapi hujan harus disyukuri seperti dalam surat Albaqarah ayat: 22

"Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air ("hujan") dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan"hujan" itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui. (QS. 2:22)"

Markipul (mari kita pulang) mumpung agak reda.... (^_^)



Monday 7 November 2016

PASAR

Monday, November 07, 2016 Posted by Malhen No comments

Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan. Beberapa contoh termasuk pasar petani lokal yang diadakan di alun-alun kota atau tempat parkir, pusat perbelanjaan dan pusat perbelanjaan, mata uang internasional dan pasar komoditas, hukum menciptakan pasar seperti untuk izin polusi, dan pasar ilegal seperti pasar untuk obat-obatan terlarang.


Pasar Liwa ( sumber: mahamerulambar.com)

Dalam ilmu ekonomi mainstream, konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi. Pertukaran barang atau jasa untuk uang adalah transaksi. Pasar peserta terdiri dari semua pembeli dan penjual yang baik yang memengaruhi harga nya. Pengaruh ini merupakan studi utama ekonomi dan telah melahirkan beberapa teori dan model tentang kekuatan pasar dasar penawaran dan permintaan. Ada dua peran di pasar, pembeli dan penjual. Pasar memfasilitasi perdagangan dan memungkinkan distribusi dan alokasi sumber daya dalam masyarakat. Pasar mengizinkan semua item yang diperdagangkan untuk dievaluasi dan harga. Sebuah pasar muncul lebih atau kurang spontan atau sengaja dibangun oleh interaksi manusia untuk memungkinkan pertukaran hak (kepemilikan) jasa dan barang.
Secara historis, pasar berasal di pasar fisik yang sering akan berkembang menjadi - atau dari - komunitas kecil, kota dan kota.

Klasifikasi Pasar
Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. Kebanyakan menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur-sayuran, telur, daging, kain, pakaian barang elektronik, jasa dan lain-lain. Selain itu, ada pula yang menjual kue-kue dan barang-barang lainnya. Pasar seperti ini masih banyak ditemukan di Indonesia, dan umumnya terletak dekat kawasan perumahan agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar. Beberapa pasar tradisional yang "legendaris" antara lain adalah pasar Beringharjo di Yogyakarta, pasar Klewer di Solo, pasar Johar di Semarang, di Lampung Barat ada pasar liwa meskipun rame nya selasa dan jum'at saja. Pasar tradisional di seluruh Indonesia terus mencoba bertahan menghadapi serangan dari pasar modern.

Pasar modern tidak banyak berbeda dari pasar tradisional, namun pasar jenis ini penjual dan pembeli tidak bertransakasi secara langsung melainkan pembeli melihat label harga yang tercantum dalam barang (barcode), berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga. Barang-barang yang dijual, selain bahan makanan makanan seperti; buah, sayuran, daging; sebagian besar barang lainnya yang dijual adalah barang yang dapat bertahan lama. Contoh dari pasar modern adalah hypermart, pasar swalayan (supermarket), dan minimarket.
Pasar dapat dikategorikan dalam beberapa hal. Yaitu menurut jenisnya, jenis barang yang dijual, lokasi pasar, hari, luas jangkauan dan wujud.

Pasar Menurut Wujud
Pasar Konkret
Pasar Konkret adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli yang dilakukan secara langsung. Misalnya ada los-los, toko-toko dan lain-lain. Di pasar konkret, produk yang dijual dan dibeli juga dapat dilihat dengan kasat mata. Konsumen dan produsen juga dapat dengan mudah dibedakan. contohnya adalah: bursa komoditi, bursa saham dan sebagainya.
Pasar Abstrak
Pasar Abstrak adalah pasar yang lokasinya tidak dapat dilihat dengan kasat mata.konsumen dan produsen tidak bertemu secara langsung. Biasanya dapat melalui internet, pemesanan telepon dan lain-lain. Barang yang diperjual belikan tidak dapat dilihat dengan kasat mata, tapi pada umumnya melalui brosur, rekomendasi dan lain-lain. Kita juga tidak dapat melihat konsumen dan produsen bersamaan, atau bisa dikatakan sulit membedakan produsen dan konsumen sekaligus.
Pasar Menurut Barang yang Diperjualbelikan
Pasar Barang Konsumsi
Pasar barang konsumsi adalah pasar yang menjual barang-barang yang dapat langsung dipakai untuk kebutuhan rumah tangga. Misalnya, pasar yang memperjualbelikan beras, ikan, sayur-sayuran, buah-buahan, alat-alat rumah tangga, pakaian, dan lain sebagainya.
Pasar Barang Produksi
Pasar barang produksi adalah pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi. Dalam pasar ini diperjualbelikan sumber daya produksi. Misalnya, pasar mesin-mesin, pasar tenaga kerja, dan pasar uang.
Pasar Menurut Waktu Penyelenggaraan
Pasar Harian
Pasar harian adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan tiap hari. Pasar harian ini umumnya terdapat di desa dan kota.
Pasar Mingguan
Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatan jual belinya hanya satu kali dalam seminggu. Pasar mingguan ini terdapat di daerah-daerah pedesaan.
Pasar Bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap sebulan sekali.
Pasar Tahunan
Pasar tahunan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap setahun sekali.
Pasar Temporer
Pasar temporer adalah pasar yang diselenggarakan organisasi/instansi pada acara tertentu, atau diadakannya hanya sewaktu-waktu (tidak tetap)
Pasar Menurut Organisasinya
Pasar Persaingan Sempurna
Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual atau pembeli yang sama-sama telah mengetahui keadaan pasar. Barang yang diperjualbelikan dalam pasar persaingan sempurna homogen (sejenis). Selain itu, baik penjual ataupun pembeli tidak bebas menentukan harga, karena harga ditentukan oleh kekuatan pasar. Pasar persaingan sempurna adalah keadaan di mana penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga. Harga yang telah terbentuk merupakan hasil dari mekanisme pasar berdasarkan jumlah permintaan dan penawaran.
Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Dalam pasar persaingan tidak sempurna, para penjual maupun pembeli mempunyai kebebasan dalam menentukan harga dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan. Dalam hal ini berarti pembeli dan penjual dapat memengaruhi harga. Jenis dan kualitas barang yang diperdagangkan pada pasar ini bersifat heterogen. Pasar persaingan tidak sempurna dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
Pasar monopoli dan monopsoni
Pasar monopoli adalah pasar yang hanya terdapat satu penjual untuk suatu jenis barang tertentu. Pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai oleh seorang pembeli untuk suatu jenis barang dan jasa,dan juga bersifat mendunia. Output yang dihasilkan tidak mempunyai substitusi.
Pasar persaingan monopolistis
Dalam pasar ini terdapat banyak penjual dan pembeli. Penjual bisa melakukan monopoli karena keistimewaan produk masing-masing. Pembeli bebas menentukan pilihannya dalam berbelanja. Jadi, pasar ini ada unsur persaingan dan monopoli.
Pasar oligopoli dan oligopsoni
Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya ada beberapa penjual. Istilah beberapa penjual iniumlah penjual tidak terlalu banyak sehingga pengaruh penjual sangat kecil, dan tidak ada penjual yang berkuasa segala-galanya. Adapun Oligopsoni merupakan jenis pasar yang hanya ada beberapa pembeli.

Sumber : Wikipedia.org